• Jumat, 9 Desember 2022

Gempa 5,6 SR Guncang Cianjur, Ini Cara Mendapatkan Informasi yang Tepat dan Kredibel di Twitter

- Selasa, 22 November 2022 | 15:52 WIB
Contoh layanan notifikasi khusus #ThereisHelp yang disediakan oleh Tiwitter dalam rangka mitigasi bencana alam di Indonesia. (Tangkapan Layar Twitter/CoverBothSide.com)
Contoh layanan notifikasi khusus #ThereisHelp yang disediakan oleh Tiwitter dalam rangka mitigasi bencana alam di Indonesia. (Tangkapan Layar Twitter/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Beragam informasi beredar luas di media sosial (medsos), khususnya di Twitter, soal bencana gempa magnitudo 5,6 skala richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022.

Akan tetapi, beragam informasi yang tersebar di medsos terkait gempa Cianjur tersebut seringkali membuat masyarakat bingung akan kebenarannya. Bahkan, ada yang sampai terjebak ikut menyebarkan informasi hoax.

Sulitnya informasi yang tepat dan kredibel soal bencana alam, khususnya gempa Cianjur, tersebut salah satunya karena informasi dari lembaga atau institusi resmi terkadang tertimbun oleh informasi lain, seperti orang jualan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Update Gempa Cianjur, BNPB: 103 Meninggal Dunia, 7.060 Mengungsi, 25 Orang Hilang

Oleh karena itu, untuk mendapatkan informasi terkait gempa Cianjur yang tepat dan kredibel dari lembaga atau institusi resmi di Twitter, masyarakat atau pengguna Twitter dapat memanfaatkan layanan notifikasi khusus #ThereisHelp.

Layanan notifikasi khusus #ThereisHelp ini merupakan hasil kerjasama Twitter dengan Badan Penanggualangan Bencana Nasional (BNPB) dan PetaBencana.id yang berguna untuk mitigasi kejadian bencana di Indonesia, termasuk gempa Cianjur.

Untuk caranya, masyarakat cukup mencari informasi di bagian “Explore” atau “Jelajah” Twitter menggunakan kata kunci terkait kejadian bencana yang sedang terjadi, seperti gempa bumi, banjir, atau isu lainnya.

Baca Juga: Kepala BNPB Tegaskan Pemerintah akan Ganti Rumah Warga yang Rusak Akibat Gempa Cianjur

Setelah itu, masyarakat akan mendapatkan notifikasi khusus #ThereisHelp untuk mengakses informasi yang tepat dan kredibel dari lembaga atau institusi resmi. Untuk bentuk notifikasinya tersebut seperti di bawah ini.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BNPB, Twitter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X