• Rabu, 28 September 2022

Debit Air Turun, Perumdam Among Tirto Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Air Kota Batu

- Selasa, 13 September 2022 | 18:00 WIB
Perumda Among Tirto Kota Batu menggelar acara "Mbatu Nabung Banyu" sebagai upaya mengajak semua elemen masyarakat menjaga keberadan sumber mata air di Kota Batu yang kian memprihatinkan. (Diskominfo Kota Batu/CoverBothSide.com)
Perumda Among Tirto Kota Batu menggelar acara "Mbatu Nabung Banyu" sebagai upaya mengajak semua elemen masyarakat menjaga keberadan sumber mata air di Kota Batu yang kian memprihatinkan. (Diskominfo Kota Batu/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Keberadaan sumber air di Kota Batu kian memprihatinkan. Hal itu dikarenakan debit air di kota berjuluk Kota Agropolitan ini tercatat terus mengalami penurunan kurang lebih 30 – 50 persen dalam 20 tahun terakhir ini.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto Kota Batu, Edi Sunaedi. Dia mengatakan, adanya penurunan debit air itu merupakan fakta yang tengah dialami Kota Batu.

”Sumber mata air kita mengalami penurunan kurang lebih 30 – 50 persen, ini fakta yang kita alami sekarang,” kata Edi dalam keterangannya dalam acara “Mbatu Nabung Banyu” yang digelar di Bring Raharjo (Sumber Jeding), Junrejo, pada Senin, 12 September 2022.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Kuliner Kota Batu, Pemkot Batu Gelar Pelatihan bagi Pelaku Usaha Kuliner dan UMKM

Oleh karena itu, melalui acara “Mbatu Nabung Banyu” ini, dia pun mengajak seluruh kepala desa, lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, kelompok peduli lingkungan dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga sumber mata air.

Salah satu langkah yang akan dilakukan pihaknya dalam waktu dekat ini antara lain yaitu mengajak masyarakat menghentikan buang sampah sembarangan, membuat daerah resapan air, membuat sumur biopori dan run off pemanenan air hujan.

Selain itu, lanjut Edit, Perumdam Among Tirto juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menggalakkan gerakan penanaman pohon serta melakukan penghematan air dan konservasi lahan.

Baca Juga: Bukan Hanya Asupan Gizi, Ini yang Turut Berpengaruh Besar dalam Penanganan Stunting di Kota Batu

”Kita perlu melakukan langkah taktis itu. Karena, air adalah sumber penting kehidupan, ilmu dan peradaban kita bersama, maka dari itu kita wajib menjaga dan melestarikan sumber air kita,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Diskominfo Kota Batu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prakiraan Cuaca Jawa Timur Hari Ini, 5 September 2022

Senin, 5 September 2022 | 05:22 WIB

Terpopuler

X