Buka ASEAN Tourism Forum 2023, Wapres Berharap Ada Aksi Nyata Membangkitkan Pariwisata ASEAN

- Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:05 WIB
Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, saat membuka acara ASEAN Tourism Forum 2023 di Pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, pada Jumat malam, 3 Februari 2023.  (BPMI Setwapres/CoverBothSide.com)
Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, saat membuka acara ASEAN Tourism Forum 2023 di Pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, pada Jumat malam, 3 Februari 2023. (BPMI Setwapres/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, secara resmi telah membuka ASEAN Tourism Forum 2023 di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, pada Jumat malam, 3 Februari 2023.

Dalam sambutannya, Wapres mengatakan pariwisata merupakan salah satu sektor yang krusial untuk memulihkan ekonomi, membuka lapangan kerja, serta menjadikan masyarakat tangguh dan berdaya saing. 

Oleh karena itu, melalui ASEAN Tourism Forum 2023, Ma’ruf Amin berharap dapat menjadi sebuah sarana untuk menghasilkan langkah-langkah konkret dalam memajukan sektor pariwisata di ASEAN.

Baca Juga: Punya Potensi Besar, Sandiaga Uno Bahas Kerja Sama Wisata Kapal Pesiar dengan Singapura

”Saya sangat berharap, ASEAN Tourism Forum 2023 bisa melahirkan aksi nyata untuk mempercepat kebangkitan industri pariwisata dan perjalanan di ASEAN, serta merealisasikan Travel Exchange 2023,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wapres juga berharap agar penyelenggaraan acara-acara berskala internasional di negara-negara ASEAN perlu terus diperbanyak kedepannya.

Menurutnya, keberhasilan penyelenggaraan acara internasional adalah salah satu bukti kesiapan negara ASEAN untuk menjadi magnet bagi wisatawan dunia. 

Baca Juga: Sandiaga Uno: Singapura Pasar Strategis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

Disisi lain, ungkap Ma'ruf Amin, hal itu juga menunjukkan bahwa ASEAN mampu terus beradaptasi dan berkompetisi, menuju pariwisata yang lebih berkualitas di masa depan.

”Kita menaruh harapan besar, sektor pariwisata akan mengokohkan kawasan ASEAN sebagai kawasan yang stabil, damai, bermartabat, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta mampu menjadi penyokong stabilitas perekonomian dunia,” ucapnya.

Untuk mewujudkannya, Wapres pun mengajak seluruh semua pihak untuk bersama-sama membangun pariwisata yang berkelanjutan dan inklusif, melibatkan usaha mikro dan kecil, kaum perempuan, dan generasi muda.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ungkap Keseriusan Pemerintah Mengembangkan Wisata Labuan Bajo

”Inilah saatnya meningkatkan daya saing sektor pariwisata kita melalui berbagai inovasi dan kreativitas, serta transformasi ke arah digital," kata Ma'ruf Amin.

"Semoga sektor pariwisata semakin produktif dan mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi kawasan,” pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X