Soal Upah Lembur Karyawan di Jawa Tengah Tak Dibayar, Kemnaker: Kok Masih Terjadi, Harus Diproses Hukum

- Jumat, 3 Februari 2023 | 21:44 WIB
Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang.  (Dok. Kemnaker RI/CoverBothSide.com)
Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang. (Dok. Kemnaker RI/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE.COM – Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang, mengaku prihatin atas adanya pemberitaan seorang karyawan perempuan di Jawa Tengah yang tidak mendapatkan upah lembur.

Seperti diketahui, pemberitaan terkait seorang karyawan perempuan di Jawa Tengah yang tidak mendapatkan upah lembur terebut diunggah akun Instagram @undercover.id pada Kamis, 2 Februari 2023.

”Merespon pemberitaan keluhan karyawan kerja lembur tetapi mengaku tidak dibayar, Kemnaker sangat prihatin. Kok masih terjadi hal ini,” kata Haiyani Rumondang dalam keterangan resminya dikutip CoverBothSide.com.

Baca Juga: Bos Perusahaan Wajib Baca! Kemnaker Beri Solusi agar PHK Pekerja Tidak Terjadi

Atas pemberitaan tersebut, dia menyampaikan Kemnaker telah berkoordinasi dengan Disnaker Jawa Tengah dan menurunkan Pengawas Ketenagakerjaan untuk melakukan pemeriksaan langsung ke perusahaan terkait.

Jika ternyata pemberitaannya benar, lanjut Haiyani Rumondang, maka harus dipastikan haknya pekerja yang sudah kerja lembur tersebut dibayar penuh oleh perusahaan sesuai ketentuan yang berlaku.

Tidak hanya itu, dia juga menegaskan bahwa Kemnaker juga akan memproses hukum secara tegas atas pelanggaran yang telah dilakukan perusahaan dengan tidak membayar upah lembur kepada pekerjanya.

Baca Juga: Staf Khusus Menaker Ungkap Kondisi Ketenagakerjaan: Lesu, Banyak Pekerja Dirumahkan dan di-PHK

”Termasuk tindakan hukum terhadap pengusaha (akan diproses hukum) sesuai ketentuan. Disnaker Jawa Tengah dan Disnaker Grobogan berkolaborasi untuk menangani kasus ini,” ujarnya.***

Editor: Moh Badar Risqullah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X