Bupati Lumajang Ungkap Penyebab Tidak Ada Korban Jiwa pada Erupsi Gunung Semeru Kemarin

- Kamis, 8 Desember 2022 | 23:05 WIB
Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi (baju putih dengan rompi cokelat) didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meninjau langsung desa terdampak di Desa Kajar Kuning yang berada di Kecamatan Candipuro, Rabu, 7 Desember 2022.  (BNPB/Dume Sinaga/CoverBothSide.com)
Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi (baju putih dengan rompi cokelat) didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat meninjau langsung desa terdampak di Desa Kajar Kuning yang berada di Kecamatan Candipuro, Rabu, 7 Desember 2022. (BNPB/Dume Sinaga/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE - Bupati Kabupaten Lumajang, Thoriqul Haq mengungkapkan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lumajang sudah banyak mengambil pelajaran atas peristiwa erupsi Gunung Semeru sebelumnya.

Menurut Thoriqul Haq, masyarakat di sekitar Gunung Semeru saat ini sudah semakin baik dalan merespon peringatan dini dari pemerintah dan petugas di lapangan. 

Hal itu disampaikan Bupati Lumajang saat menerima kunjungan Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi, untuk menyerahkan bantuan penanganan erupsi Gunung Semeru, pada Rabu, 7 Desember 2022. 

Baca Juga: BNPB Serahkan Bantuan Rp350 Juta untuk Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

"Masyarakat sudah tahu harus berbuat apa dan kemana untuk melakukan evakuasi apabila Gunung Semeru kembali erupsi," kata dia dalam keterangannya. 

Sekalipun peristiwa APG kemarin masih ada beberapa daerah yang terdampak parah, namun dia mengatakan sudah direspon masyarakat dengan cepat.

Oleh karenanya, pada peristiwa erupsi Gunung Semeru kemarin, Bupati Lumajang mengungkapkan bahwa tidak ada korban jiwa yang meninggal dunia. 

Baca Juga: Sambangi Pengungsi Erupsi Gunung Semeru, Menhan Prabowo Berikan Bantuan 500 Paket Sembako

"Alam memberikan pelajaran kepada kami. Memang masih ada yang terdampak, namun sudah direspon masyarakat dengan cepat. Hasilnya, peristiwa APG kemarin tidak menimbulkan korban jiwa," ungkapnya. 

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X