Kabar Baik bagi PMI, Kemnaker Sebut Ada Peluang Perluasan Penempatan untuk Sektor Pariwisata di Jepang

- Kamis, 8 Desember 2022 | 06:30 WIB
Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, Yoji Kobayashi, di Singapura, pada Rabu, 7 Desember 2022. (Kemnaker RI/CoverBothSide.com)
Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, Yoji Kobayashi, di Singapura, pada Rabu, 7 Desember 2022. (Kemnaker RI/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker), Anwar Sanusi membawa kabar baik dari hasil pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, Yoji Kobayashi, di Singapura, pada Rabu, 7 Desember 2022.

Dalam pertemuan bilateral pada acara The 17th Asia Pacific Regional Meeting of the ILO tersebut, Anwar Sanusi mengungkapkan ada peluang dibukanya perluasan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jepang di sektor pariwisata.

Terkait peluang tersebut, Sekjen Kemnaker menerangkan bahwa nantinya penempatan PMI di Jepang akan dilakukan dibawah skema Indonesian-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA).

Baca Juga: Kunjungi Hyundai Heavy Industry, Menaker Bahas Peluang Kerja Bagi PMI di Korea Selatan

Saat ini, diungkapkan Anwar Sanusi, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mengusulkan Amandemen Chapter on MNP pada Basic Agreement IJEPA.

”Peluang dibukanya penempatan PMI yang tengah diusulkan oleh Pemerintah Indonesia mengenai penempatan PMI khususnya sektor pariwisata,” kata dia dalam keterangan resminya dikutip CoverBothSide.com, Kamis, 8 Desember 2022.

Dia menjelaskan usulan penempatan PMI untuk sektor pariwisata di Jepang tersebut karena pariwisata di negara sakura ini tengah mengalami peningkatan dan kebutuhan akan ketersediaan tenaga kerja cukup banyak.

Baca Juga: Perluas Kesempatan Kerja Bagi PMI, Menaker Dialog dengan Para CEO Korea di Busan Indonesia Center

Oleh karena itu, dia menginginkan Pemerintah Jepang dapat mendorong perluasan sektor penempatan PMI melalui program IJEPA, seperti yang telah diusulkan oleh Pemerintah Indonesia.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X