Update Erupsi Gunung Semeru: 5 Desa Terdampak, 29 Hewan Ternak Mati, 699 Orang Masih Mengungsi

- Selasa, 6 Desember 2022 | 23:12 WIB
Erupsi Gunung Semeru pada Minggu, 4 Desember 2022 yang ditandai dengan  Awan Panas Guguran (APG).  (PVMBG/CoverBothSide.com)
Erupsi Gunung Semeru pada Minggu, 4 Desember 2022 yang ditandai dengan Awan Panas Guguran (APG). (PVMBG/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE - Sebagian warga yang sebelumnya mengungsi saat terjadi erupsi Gunung Semeru pada Minggu, 4 Desember 2022 mulai kembali ke tempat tinggalnya masing-masing. 

Sampai saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan warga yang masih mengungsi ada 699 orang. Hal itu karena jarak tempat tinggal mereka berada pada zona merah.

Sementara itu, dari hasil assessment, BNPB melaporkan bahwa ada 5 desa di 4 kecamatan terdampak erupsi Gunung Semeru yang ditandai dengan adanya Awan Panas Guguran (APG) hingga sejauh 19 kilometer ini. 

Baca Juga: Update Erupsi Gunung Semeru: Status Aktivitas Gunung Semeru Naik Jadi Level IV (Awas)

Rinciannya, Desa Sumberurip di Kecamatan Pronojiwo, Desa Sumbersari di Kecamatan Rowokangkung, Desa Sumberwuluh dan Desa Penanggal di Kecamatan Candipuro serta Desa Pasirian di Kecamatan Pasirian.

Sementara, dampak erupsi Gunung Semeru lainnya, Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat ada 29 ekor ternak mati, dan 71 hektar lahan pertanian, 2 unit jembatan, 3 kilometer ruas jalan l, 1 fasilitas pendidikan, serta 4 tempat ibadah terdampak.

Sampai saat ini, berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dilaporkan bahwa erupsi Gunung Semeru masih berlangsung hingga hari ini.

Baca Juga: Status Gunung Semeru Naik Jadi Level IV (Awas), Bagaimana Gunung Api yang Lain? Simak Data PVMBG Berikut Ini

Berdasarkan pengamatan PVMBG pula, tercatat pada pukul 05.02 WIB telah terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 400 m di atas puncak atau kurang lebih 4076 m di atas permukaan laut.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X