• Jumat, 9 Desember 2022

Kemenkes Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Direksi di 60 Rumah Sakit, Ini Persyaratan dan Jadwal Kegiatannya

- Kamis, 24 November 2022 | 18:16 WIB
Ilustrasi | Kemenkes membuka lowongan jabatan direksi di 60 rumah sakit di Indonesia. (Megan Rexazin/Pixabay.com/CoverBothSide.com)
Ilustrasi | Kemenkes membuka lowongan jabatan direksi di 60 rumah sakit di Indonesia. (Megan Rexazin/Pixabay.com/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI membuka kesempatan kepada siapapun yang memenuhi persyaratan untuk mengisi jabatan direksi di 60 rumah sakit Vertikal Kemenkes yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Seleksi terbuka jabatan direksi di 60 rumah sakit ini berdasarkan Surat Wakil Menteri Kesehatan Nomor KP.03.03/WAMENKES/74/2022 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Direksi Rumah Sakit di Lingkungan Kementerian Kesehatan Tahun 2022.

Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkes, Sundoyo, mengatakan bahwa lowongan jabatan direksi di 60 rumah sakit di Indonesia ini merupakan seleksi terbuka dan bisa diikuti siapa saja, baik ASN maupun Non ASN.

Sundoyo menerangkan seleksi terbuka ini bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan di 60 rumah sakit di Indonesia tersebut. Tentunya, kata dia, agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat lebih baik.

”Seleksi terbuka ini diharapkan bisa memenuhi kekosongan jabatan di 60 rumah sakit tersebut. Utamanya agar bisa memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat,” kata dia dalam keterangannya dikutip CoverBothSide.com dari laman resmi Kemenkes, Kamis, 24 November 2022.

Pada seleksi terbuka tersebut, Sundoyo mengatakan terdapat 60 jabatan direksi dari 60 rumah sakit Vertikal di lingkungan Kemenkes yang terdiri dari jabatan direktur utama, direktur SDM, pendidikan dan penelitian, direktur perencanaan keuangan dan layanan operasional, direktur medik dan keperawatan, direktur layanan operasional, serta direktur keuangan dan barang milik negara.

Untuk itu, dia menyampaikan Kemenkes mengundang dan memberikan kesempatan kepada ASN maupun Non ASN yang berminat dan memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi terbuka jabatan direksi rumah sakit tersebut.

Untuk selengkapnya, berikut ini persyaratan umum yang harus dipenuhi apabila berminat mendaftarkan diri mengikuti seleksi terbuka jabatan direksi di 60 rumah sakit, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan patuh pada ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. Sehat jasmani dan rohani;
  3. Tidak pernah dihukum karena melakukan tindakan pidana kejahatan;
  4. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela di bidang kesehatan;
  5. Tidak pernah melakukan pelanggaran yang material atas ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang kesehatan;
  6. Mempunyai pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan di bidang kesehatan dan rumah sakit dan;
  7. Mempunyai komitmen terhadap pengembangan Rumah Sakit;
  8. Memahami prinsip-prinsip tata kelola klinis dan tata kelola rumah sakit yang baik dan prinsip-prinsip pengelolaan risiko;
  9. Berpendidikan paling rendah sarjana atau jenjang pendidikan Strata 1 atau setara;
  10. Telah menyampaikan LHKPN tahun 2021 atau LHKASN tahun 2021 kepada instasi yang berwenang bagi ASN;
  11. Bersedia menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggaraan negara setelah diangkat menjadi deteksi bagi non ASN;
  12. Menyampaikan bukti laporan pajak tahun terakhir tahun 2021;
  13. Memiliki pengalaman bekerja di bidang kesehatan atau bidang tugas lain yang sesuai dengan tugas dan fungsi Direktorat paling sedikit 4 tahun;
  14. Bersedia tidak melakukan penangkapan jabatan pada unit kerja atau institusi lain apabila yang bersangkutan terpilih sebagai direksi Rumah Sakit bagi calon direksi yang berasal dari non ASN;
  15. Bersedia diangkat sebagai pegawai Badan Layanan Umum bagi calon direksi yang berasal dari non ASN.

Sementara, untuk persyaratan khusus yang harus dipenuhi apabila berminat mendaftarkan diri mengikuti seleksi terbuka jabatan direksi di 60 rumah sakit, antara lain :

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Kemenkes RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X