• Jumat, 9 Desember 2022

Presiden Tegaskan Rehabilitasi Rumah yang Rusak Akibat Gempa Cianjur Dilakukan Usai Evakuasi Korban Selesai

- Kamis, 24 November 2022 | 17:12 WIB
Presiden Jokowi saat menyerahkan bantuan kepada korban gempa Cianjur, pada Kamis, 24 November 2022. (BPMI Setpres/CoverBothSide.com)
Presiden Jokowi saat menyerahkan bantuan kepada korban gempa Cianjur, pada Kamis, 24 November 2022. (BPMI Setpres/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDEPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rehabilitasi rumah warga yang rusak akibat gempa magnitudo 5,6 skala richter (SR) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, 21 November 2022, baru akan dilakukan setelah evakuasi dan distribusi bantuan selesai dengan baik.

Hal itu disampaikan Presiden saat melakukan peninjauan lokasi terdampak gempa Cianjur paling parah di Kampung Munjul, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, pada Kamis, 24 November 2022.

”Paling penting, setelah evakuasi ini selesai, distribusi bantuan sudah menjangkau semua lokasi, baru rehabilitasi rumah-rumah (warga) yang roboh berat, sedang, maupun yang ringan,” kata Jokowi dalam keterangannya.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Cianjur, Presiden Tegaskan Evakuasi Korban dan Distribusi Bantuan Priorita Utama

Terkait skema rehabilitasi rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur, Kepala Negara juga menegaskan bahwa pemerintah tidak hanya akan terpaku pada satu skema saja, melainkan dengan beberapa skema.

Presiden menjelaskan bahwa pemerintah akan menyerahkan kepada masyarakat untuk memilih skema mana saja yang menurut mereka dinilai dapat mempercepat proses rehabilitasi rumahnya yang rusak akibat gempa Cianjur.

”Ada yang nanti dibangun Kementerian PU, ada yang juga dibangun dibantu oleh TNI, ada juga yang diserahkan (langsung) kalau memang itu bisa mempercepat. Jadi, kita (pemerintah) tidak terpaku pada satu skema,” ucapnya.

Baca Juga: Jika Belum Tersentuh Bantuan, Kepala BNPB Sebut Korban Gempa Cianjur Bisa Tanya ke Kepala Desa

Sebelumnya, saat melakukan peninjauan lokasi terdampak gempa Cianjur pada Selasa, 22 November 2022, Presiden memastikan pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak terdampak gempa Cianjur.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BPMI Setpres

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X