• Jumat, 9 Desember 2022

Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Cianjur, Presiden Tegaskan Evakuasi Korban dan Distribusi Bantuan Priorita Utama

- Kamis, 24 November 2022 | 16:32 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis pagi, 24 November 2022. (BPMI Setpres/CoverBothSide.com)
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis pagi, 24 November 2022. (BPMI Setpres/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDEPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan kembali ke lokasi terdampak gempa magnitudo 5,6 skala richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, 21 November 2022.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa proses evakuasi menjadi prioritas utama untuk penanganan para korban gempa Cianjur yang masih tertimbun reruntuhan bangunan atau tanah longsor.

Apalagi, Kepala Negara mengungkapkan masih terdapat 39 orang yang hilang pasca gempa Cianjur kemarin. Terutama di Jalan Mangunkerta, Kecamatan Cugenang yang merupakan lokasi paling parah terdampak gempa Cianjur.

Baca Juga: Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa Cianjur, Presiden Jokowi Sampaikan Duka Cita

”Proses evakuasi menjadi prioritas saat ini. Kita akan konsentrasi di titik ini (lokasi terdampak gempa Cianjur paling parah) untuk evakuasi,” kata Presiden usai meninjau lokasi terdampak gempa Cianjur, pada Kamis, 24 November 2022.

Jokowi juga mengungkapkan, berdasarkan laporan yang diterimanya, terdapat sejumlah kendala dalam melakukan evakuasi. Mulai dari kondisi di lapangan yang curam serta masih terjadinya hujan dan gempa susulan di kawasan tersebut.

Terkait kendala tersebut, dia mengatakan telah memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta jajarannya untuk melakukan cut and fill (material tanah diambil dari suatu tempat, kemudian diurug atau ditimbun di tempat lain). ”Saya rasa ini (cut and fill) bisa segera dikerjakan,” tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Pembangunan Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur Memakai Standar Bangunan Anti Gempa

Selain meninjau lokasi terdampak gempa Cianjur yang paling parah, Presiden menyatakan peninjauan kedua kalinya tersebut juga untuk memastikan distribusi bantuan atau logistik kepada para korban gempa Cianjur berjalan dengan baik.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BPMI Setpres

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X