• Jumat, 9 Desember 2022

Jika Belum Tersentuh Bantuan, Kepala BNPB Sebut Korban Gempa Cianjur Bisa Tanya ke Kepala Desa

- Kamis, 24 November 2022 | 06:02 WIB
Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, saat memberikan keterangannya di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat. (BNPB/CoverBothSide.com)
Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, saat memberikan keterangannya di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat. (BNPB/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyikapi tentang keluhan korban gempa Cianjur yang belum tersentuh bantuan dan bingung terkait posko pengungsian

Dalam keterangannya, Suharyanto menyampaikan bahwa sistem pendistribusian bantuan kepada korban gempa Cianjur dan teknis posko pengungsian memang masih belum tertata secara terstruktur dan sistematis saat awal kejadian. 

Akibatnya, kata Kepala BNPB, karena hal itulah yang menyebabkan sebagian korban gempa Cianjur mengeluhkan belum tersentuh bantuan. Bahkan, kata dia, sampai ada korban yang datang langsung ke gudang logistik BNPB

Baca Juga: Update Gempa Cianjur, BNPB: 271 Orang Meninggal Dunia, 40 Orang Masih Hilang, 56.320 Rumah Rusak

Berkaca dari itu, Suharyanto menyampaikan pihaknya telah memperbaiki alur pendistribusian bantuan kepada korban gempa Cianjur dan teknis posko pengungsian dengan menggandeng Kepala Desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas di wilayah terdampak. 

Dengan melibatkan pihak-pihak terkait tersebut, menurut Kepala BNPB, diharapkan dapat mengetahui lebih detail dan jelas korban gempa Cianjur dimana saja yang belum tersentuh bantuan, sehingga bantuan bisa segera diberikan.

"Saya akui, sistem ini (melibatkan Kepala Desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas) belum (dilakukan dengan baik kemarin), masih hajar kemana-mana (distribusi bantuannya)," kata dia dalam keterangannya saat konferensi pers di Kantor Bupati Cianjur, Rabu, 23 November 2022. 

Baca Juga: BMKG Imbau Rekonstruksi Bangunan yang Rusak Akibat Gempa Cianjur Gunakan Struktur Tahan Gempa, Ini Alasannya

Oleh karena itulah, Suharyanto menyebutkan mulai hari Rabu dan seterusnya ini, pendistribusian bantuan kepada korban gempa Cianjur dan teknis posko pengungsian sudah menerapkan sistem tersebut. 

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X