• Jumat, 9 Desember 2022

Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Jabatan M Guntur Hamzah sebagai Hakim Konstitusi

- Rabu, 23 November 2022 | 19:04 WIB
Presiden Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah calon hakim konstitusi M. Guntur Hamzah sebagai hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 23 November 2022. (BPMI Setpres/Lukas/CoverBothSide.com)
Presiden Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah calon hakim konstitusi M. Guntur Hamzah sebagai hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 23 November 2022. (BPMI Setpres/Lukas/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pengucapan sumpah calon hakim konstitusi M Guntur Hamzah sebagai hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 23 November 2022.

Pengangkatan Guntur sebagai hakim konstitusi berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 114/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang Diajukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

”Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ujar M Guntur Hamzah mengucapkan penggalan sumpah jabatannya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Muhamad Mardiono Sebagai Utusan Khusus Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan

Diketahui, M Guntur Hamzah lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Januari 1965. Sebelumnya, Ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain itu, Guntur juga sempat menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengkajian Perkara, Pengelolaan Teknologi Informasi, dan Komunikasi MK sebelum menjabat sebagai Sekjen MK.

Pelaksanaan pengucapan sumpah ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi untuk kemudian diikuti oleh para tamu undangan terbatas yang hadir.

Baca Juga: MK Tolak Seluruh Gugatan Uji Materiil UU Pers

Dalam keterangannya usai pengucapan sumpah, Guntur meminta doa kepada masyarakat agar ia dapat menjalankan tugas yang diamanahkan dengan baik. ”Mohon doakan semoga saya bisa menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” kata Guntur.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BPMI Setpres

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X