• Jumat, 9 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Kemenkes Mobilisasi Tenaga Kesehatan, Dokter Spesialis hingga Logistik Kesehatan

- Rabu, 23 November 2022 | 01:52 WIB
Ilustrasi | Kemenkes telah memobilisasi sejumlah tenaga kesehatan dan dokter spesialis serta logistik kesehatan untuk membantu menangani korban gempa di Kabupaten Cianjur. (Pixabay.com/Moh Badar Risqullah/CoverBothSide.com)
Ilustrasi | Kemenkes telah memobilisasi sejumlah tenaga kesehatan dan dokter spesialis serta logistik kesehatan untuk membantu menangani korban gempa di Kabupaten Cianjur. (Pixabay.com/Moh Badar Risqullah/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memobilisasi tenaga kesehatan dan logistik kesehatan untuk membantu penanganan korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022. 

Juru Bicara Kemenkes RI, dr. Muhammad Syahril mengatakan gempa ini mengakibatkan korban luka serta meninggal di Kabupaten Cianjur, dan terdapat korban luka di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor.

“Terdapat kerusakan di sejumlah fasilitas pelayanan Kesehatan. Saat ini masih dalam pendataan Kemenkes,” ujar dr. Syahril dalam keterangannya dikutip CoverBothSide.com, Selasa, 22 November 2022. 

Baca Juga: Update Gempa Cianjur: 268 Meninggal Dunia, 151 Masih Hilang, 22.198 Rumah Rusak

Lebih lanjut, dr. Syahril mengatakan, berdasarkan data populasi penduduk menurut BPS Kabupaten Cianjur, terdapat sekitar 169 ribu orang terdampak, 5 ribuan orang pengungsi yang tersebar di beberapa titik.

Sementara itu, sejumlah fasilitas kesehatan yang terdampak gempa Cianjur berdasarkan data Dinkes Jawa Barat, Dinkes Kabupaten Cianjur, Dinkes Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Bogor antara lain RSUD Cianjur, Puskesmas Cugenang, Kabupaten Cianjur, Puskesmas Pacet, Kabupaten Cianjur, dan Puskesmas Cireunghas, Kabupaten Sukabumi.

Merespon kondisi tersebut, dia mengatakan Kemenkes telah memobilisasi sejumlah tenaga kesehatan antara lain dari bidang kedokteran dan tenaga kesehatan (Biddokes) 22 tenaga kesehatan dan 1 ambulans. 

Baca Juga: 2 Rumah Sakit Terdampak Gempa Cianjur, BNPB Gelar Tenda Darurat Bantu Penanganan Korban

Kemudian, dari Kantor Kesehatan Pelabuhan 26 tenaga kesehatan dan 3 ambulans, RSUP Hasan Sadikin Bandung siap mengirimkan tim dan menyiapkan UGD untuk melayani pasien dari Cianjur

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BNPB, Kemenkes RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X