• Jumat, 9 Desember 2022

Tangani Longsoran Dampak Gempa Cianjur, Kementerian PUPR Kerahkan Personil dan Alat Berat

- Selasa, 22 November 2022 | 19:11 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat meninjau lokasi longsor akibat gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022 pukul 21.45 WIB. (Kementerian PUPR/CoverBothSide.com)
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat meninjau lokasi longsor akibat gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022 pukul 21.45 WIB. (Kementerian PUPR/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di bawah koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan fokus menangani longsoran di Jalan Nasional Cianjur - Puncak akibat gempa bumi magnitudo 5,6 yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022.

Juru Bicara (Jubir) Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja mengatakan pihaknya saat ini sedang mobilisasi personil dan alat berat dari lokasi terdekat untuk pembersihan jalan dari pohon-pohon tumbang dan tanah dari longsoran tebing.

Dia menerangkan upaya tersebut dimaksudkan agar lalu lintas jalan nasional dari Puncak - Cipanas – Cianjur dapat kembali normal serta untuk kelancaran penyaluran bantuan kepada warga terdampak gempa Cianjur.

Baca Juga: Jokowi Minta Pembangunan Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur Memakai Standar Bangunan Anti Gempa

”Sementara, kami mobilisasi 5 excavators dan 7 dump trucks, 12 Hidran Umum, 4 toilet portable dan 7 tenda darurat ,” kata Jubir Endra dalam keterangannya dikutip CoverBothSide.com, Selasa, 22 November 2022.

Dikatakan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan ini, salah satu lokasi yang sudah diterima laporannya dari lapangan adalah di Kecamatan Cugenang pada ruas jalan nasional antara Kota Cianjur ke Puncak.

Endra mengatakan bahwa laporan sementara ada 2 titik longsor yang parah. Sementara, tidak ada jalan yang putus karena kerusakan struktur, tetapi putus karena tertutup pohon yang tumbang dan longsoran tanah.

Baca Juga: Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa Cianjur, Presiden Jokowi Sampaikan Duka Cita

”Kita akan siagakan personil dan alat berat di Cugenang dan lokasi berisiko tinggi sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya gempa dan longsoran susulan,” terang Jubir Endra.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Kementerian PUPR

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X