• Jumat, 9 Desember 2022

Ma’ruf Amin Minta Kasus Polio di Aceh Segera Ditangani: Jangan Sampai Jadi Pandemi Seperti Dulu

- Selasa, 22 November 2022 | 14:25 WIB
Wapres RI, Ma'ruf Amin, saat menghadiri acara Silaturahmi dengan Pimpinan dan Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) se-Jawa Tengah, di Kota Surakarta, pada Senin, 21 November 2022. (BPMI Setwapres/CoverBothSide.com)
Wapres RI, Ma'ruf Amin, saat menghadiri acara Silaturahmi dengan Pimpinan dan Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) se-Jawa Tengah, di Kota Surakarta, pada Senin, 21 November 2022. (BPMI Setwapres/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menginstruksikan kepada seluruh pihak terkait agar segera menangani kasus Polio yang ditemukan di Kabupaten Pidie, Aceh agar tidak meluas dan menjadi pandemi baru.

Hal itu disampaikan Ma’ruf Amin dalam keterangannya menyusul ditemukannya satu kasus Polio tipe 2 yang menyerang seorang anak berusia 7 tahun di Kabupaten Pidie, Aceh, pada 10 November 2022.

Saat ini, usai ditemukan ada 1 anak di Kabupaten Pidie yang dinyatakan positif Polio, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Indonesia.

Baca Juga: Satu Anak Positif Polio, Pemkab Pidie Tetapkan Status KLB

”Saya kira, (kasus Polio di Aceh) perlu segera ditangani, jangan sampai menjadi pandemi seperti dulu,” kata Wapres usai menghadiri acara Silaturahmi dengan Pimpinan dan Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) se-Jawa Tengah, di Kota Surakarta, pada Senin, 21 November 2022.

Menurut Wapres, selain menggalakkan imunisasi Polio, salah satu upaya lain yang perlu dilakukan pihak terkait adalah melakukan deteksi dini penyakit Polio dengan lebih teliti.

Apabila menjadi pandemi, Wapres mengungkapkan kondisi tersebut akan menjadi masalah baru di tanah air. Apalagi, kata Ma’ruf Amin, Indonesia saat ini belum sepenuhnya juga bebas dari pandemi Covid-19.

Baca Juga: Usai 1 Anak Positif Polio, Pemkab Pidie akan Gencarkan Imunisasi dan Edukasi Masyarakat

”Kalau jadi pandemi, ini (kasus Polio) akan jadi masalah seperti yang kita alami dulu, (sehingga) imunisasi Polio (harus digalakkan) sampai (menjadi) gerakan nasional,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BPMI Setwapres

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X