• Jumat, 9 Desember 2022

Kepala BNPB Tegaskan Pemerintah akan Ganti Rumah Warga yang Rusak Akibat Gempa Cianjur

- Selasa, 22 November 2022 | 13:59 WIB
Kepala BNPB, Suharyanto, (tengah) saat mendampingi Menko PMK, Muhadjir Effendy, (kiri) melakukan tinjauan lokasi terdampak gempa Cianjur, pada Selasa pagi, 22 November 2022. (BNPB/CoverBothSide.com)
Kepala BNPB, Suharyanto, (tengah) saat mendampingi Menko PMK, Muhadjir Effendy, (kiri) melakukan tinjauan lokasi terdampak gempa Cianjur, pada Selasa pagi, 22 November 2022. (BNPB/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menegaskan pemerintah akan mengganti semua rumah warga yang rusak akibat gempa 5,6 skala richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022.

Suharyanto menyampaikan pemerintah saat ini masih terus melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak gempa Cianjur dan selanjutnya akan segera membangun kembali rumah yang rusak

Untuk prosesnya, dia mengatakan pemerintah baru akan membangun rumah-rumah warga yang rusak setelah masa tanggap darurat dinyatakan selesai dan sudah masuk tahap rehabilitasi serta rekonstruksi.

Baca Juga: Pasca Gempa Cianjur, BNPB Sebut 25 Warga Masih Tertimbun Hingga Hari Ini

”Bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat (karena gempa) akan diganti oleh pemerintah,” kata dia dalam keterangannya saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan tinjauan lokasi terdampak gempa Cianjur, pada Selasa pagi, 22 November 2022.

Selain membangun rumah-rumah warga yang rusak karena gempa Cianjur, Suharyanto menyebutkan pemerintah juga akan membangun infrastruktur yang turut rusak seperti fasilitas pendidikan, sarana ibadah dan lain sebagainya.

”Sarana-sarana lain seperti pendidikan, masjid dan madrasah yang rusak, akan dibantu oleh kementerian terkait. Pemerintah tetap memberikan dukungan penuh (dalam pembangunannya),” kata Suharyanto.

Baca Juga: #PrayForCianjur, Ridwan Kamil Ungkap Kondisi Terkini Paska Gempa Cianjur: Listrik Padam, Air Bersih Terbatas

Sementara itu, guna mempercepat penanganan bencana gempa Cianjur, dia menyampaikan BNPB hari ini telah menempatkan satu buah helikopter dan dana sebesar Rp1,5 miliar rupiah serta bantuan logistik senilai Rp500 juta rupiah.

”Untuk desa terisolir, selain membuka jalan dari darat, juga disiapkan satu helikopter untuk distribusi (bantuan) logistik (kepada korban yang terdampak gempa Cianjur),” tuturnya.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X