Hadiri Munas HIPMI XVII, Jokowi 'Pamer' Jika Indonesia Berada di Puncak Kepemimpinan Global

- Selasa, 22 November 2022 | 10:46 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam Munas HIPMI XVII yang digelar di Hotel Alila, Kota Surakarta, pada 21 November 2022.  (BPMI Setpres/Muchlis Jr./CoverBothSide.com)
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam Munas HIPMI XVII yang digelar di Hotel Alila, Kota Surakarta, pada 21 November 2022. (BPMI Setpres/Muchlis Jr./CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDEPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Indonesia saat ini berada di puncak kepemimpinan global setelah menyelesaikan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty atau KTT G20 di Bali dan Ketua ASEAN 2023.

Dengan posisi di puncak kepemimpinan global saat ini, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan bentuk kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia yang harus dijaga.

”Kalau kita jadi pengusaha, yang kita bangun adalah kepercayaan orang terhadap kita. Ini juga sebagai negara, kita juga membangun kepercayaan internasional, kepercayaan global, kepercayaan negara-negara lain terhadap Indonesia,” kata dia saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Munas HIPMI) XVII yang digelar di Hotel Alila, Kota Surakarta, pada 21 November 2022.

Baca Juga: Blusukan ke Pasar Malangjiwan Colomadu Bersama Ganjar, Jokowi Kaget Harga Minyak Goreng dan Tempe Naik

Presiden menjelaskan, kondisi perekonomian Indonesia yang baik jika dibandingkan dengan negara-negara G20 lain menjadi salah satu indikator kepercayaan dunia global terhadap Indonesia meningkat.

Seperti saat penyelenggaraan KTT G20 di Bali kemarin, Jokowi menyebutkan ekonomi Indonesia di kuartal III tahun 2022 berada di angka 5,72 persen dan angka inflasi masih dalam posisi yang dapat dikendalikan.

”Hal seperti ini yang menumbuhkan kepercayaan, trust global terhadap kita. Kalau sudah muncul trust, muncul kepercayaan, apa yang akan terjadi. Sama seperti kalau kita pengusaha, punya perusahaan, punya produk, kalau dipercaya jual barangnya itu mudah,” ujarnya.

Baca Juga: Muktamar ke 48 Muhammadiyah: Jokowi Apresiasi Peran Muhammadiyah Bangun SDM Berkualitas

Lebih lanjut, Kepala Negara menuturkan bahwa pada kuartal III, indikator perekonomian lain seperti pertumbuhan ekonomi, konsumsi rumah tangga, dan nilai ekspor masih terus mengalami pertumbuhan yang baik.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BPMI Setpres

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X