• Jumat, 9 Desember 2022

Waspada Kasus DBD Meningkat, Kemenkes Minta Dinkes Aktif Lakukan Pengendalian Dini

- Senin, 26 September 2022 | 19:45 WIB
Masuk Musim Peralihan, Waspadai Penyakit DBD (Kemenkes RI)
Masuk Musim Peralihan, Waspadai Penyakit DBD (Kemenkes RI)

COVERBOTHSIDE – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan kasus Dengue atau Dengue">Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia terpantau meningkat seiring memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

Berdasarkan catatan dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) hingga Minggu ke 36, jumlah kumulatif kasus konfirmasi DBD dari Januari 2022 dilaporkan sebanyak 87.501 kasus (IR 31,38/100.000 penduduk) dan 816 kematian (CFR 0,93%).

”Secara umum terjadi peningkatan kasus Dengue. Kasus paling banyak terjadi pada golongan umur 14-44 tahun sebanyak 38,96 persen dan 5-14 tahun sebanyak 35,61 persen,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes RI, Maxi Rein Rondonuwu di Jakarta, pada Kamis, 22 September 2022.

Baca Juga: Gencarkan Skrining Hipotiroid Kongenital pada Bayi, Kemenkes Tambah 7 Laboratorium SHK

Dirjen Maxi mengungkapkan penambahan kasus DBD berasal dari 64 kabupaten/kota di 4 provinsi, diantaranya yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kalimantan Timur.

Adapun Kabupaten/Kota yang mencatat kasus DBD tertinggi diantaranya Kota Bandung dengan 4196 kasus, Kabupaten Bandung sekitar 2777 kasus, Kota Bekasi dengan 2059 kasus, Kabupaten Sumedang sekitar 1647 kasus, dan Kota Tasikmalaya dilaporkan sebanyak 1542 kasus.

Dia mengungkapkan Kemenkes akan terus melakukan upaya pengendalian dan pencegahan yang masif dan simultan dengan melibatkan seluruh pihak baik tingkat pusat maupun daerah.

Baca Juga: Cegah Kecacatan pada Anak, Kemenkes Canangkan Kembali Program Skrining Hipotiroid Kongenital

Pada 6 September lalu, dia mengatakan Kemenkes melalui Direktorat P2PM telah mengirimkan surat kepada seluruh Kepala Daerah di Indonesia mulai dari tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota, mengimbau Dinas Kesehatan (Dinkes) agar meningkatkan kewaspadaan dengan aktif melakukan pengendalian Dengue lebih dini.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X