• Jumat, 9 Desember 2022

Soal Kasus Korupsi Lukas Enembe, Presiden Jokowi: Hormati Proses Hukum di KPK

- Senin, 26 September 2022 | 16:37 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan keterangannya usai meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, pada Rabu, 31 Agustus 2022. (BPMI Setpres/Lukas/Cover Both Side)
Presiden Jokowi menyampaikan keterangannya usai meresmikan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, pada Rabu, 31 Agustus 2022. (BPMI Setpres/Lukas/Cover Both Side)

COVERBOTHSIDEPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak harus menghormati proses hukum yang ada di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, semua warga negara sama di mata hukum.

Hal itu ditegaskan Kepala Negara merespon atas dugaan kasus korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe dan juga dugaan kasus suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA).

”Saya sudah sampaikan, juga agar semuanya menghormati panggilan dari KPK, menghormati proses hukum yang ada di KPK, semuanya,” tegas Presiden dalam keterangannya setelah melepas bantuan kemanusiaan untuk Pakistan di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin, 26 September 2022.

Baca Juga: Kronologi Terungkapnya Kasus Dugaan Korupsi Kelangkaan Minyak Goreng

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menilai reformasi bidang hukum di Indonesia penting untuk terus dilaksanakan. Untuk itu, Presiden mengatakan telah memerintahkan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD untuk melaksanakan hal tersebut.

”Saya melihat ada urgensi yang sangat penting untuk mereformasi bidang hukum kita, dan itu sudah saya perintahkan kepada Menko Polhukam, jadi silahkan tanyakan ke Pak Menko Polhukam,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, KPK telah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait penyalahgunaan dana otonomi khusus (otsus). Namun, dalam beberapa kali rencana pemeriksaan, Lukas mangkir dari panggilan KPK sampai saat ini.***

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BPMI Setpres

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X