• Rabu, 28 September 2022

Menaker Sebut Pekerja dengan Gaji Diatas Rp3,5 Juta Juga Bisa Dapat BSU 2022, Ini Ketentuannya

- Senin, 19 September 2022 | 18:34 WIB
Menaker Ida Fauziyah menyebutkan pekerja dengan gaji di atas Rp3,5 juta juga bisa dapat BSU 2022 dengan ketentuan besaran gajinya masih senilai UMP/UMK. (Humas Setkab/Rahmat/CoveBothSide.com)
Menaker Ida Fauziyah menyebutkan pekerja dengan gaji di atas Rp3,5 juta juga bisa dapat BSU 2022 dengan ketentuan besaran gajinya masih senilai UMP/UMK. (Humas Setkab/Rahmat/CoveBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebutkan pekerja atau buruh dengan gaji di atas Rp3,5 juta masih bisa memperoleh program Bantuan Sosial Upah (BSU) tahun 2022.

Akan tetapi, untuk pekerja dengan gaji di atas Rp3,5 juta, Menaker mengatakan bahwa besaran gaji yang diterimanya masih senilai dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota.

Ida Fauziyah mencontohkan seperti upah minimum pekerja atau buruh di DKI Jakarta yang sebesar Rp4,7 juta. Upah tersebut menurutnya sudah di atas Rp3,5 juta, namun masih tetap berhak mendapatkan BSU.

Baca Juga: BSU 2022 Tahap Pertama Sudah Cair, Anda Sudah Menerima? Ini Persyaratan dan Cara Pengecekannya

”Mereka tetap berhak mendapatkan BSU, karena yang diberikan BSU di samping batas atasnya upah Rp3,5 juta atau senilai dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota,” kata dia dalam keterangannya bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 16 September 2022.

Terkait hal tersebut, lanjut Menaker, sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 Tahun 2022.

Sebagaimana diketahui, adapun syarat dan ketentuan penerima BSU tahun 2022 ini antara lain:
1. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan kepemilikan NIK (Nomor Induk Kependudukan);
2. Peserta aktif jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juli 2022; dan
3. Mendapatkan gaji atau upah sebanyak Rp3,5 juta, pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah dengan minimum upah provinsi atau kabupaten/kota.

Baca Juga: Segera Cek Rekening! BSU Tahun 2022 Tahap Pertama Sudah Cair, Bisa Diambil Mulai Senin di Bank Himbara

Oleh karena itu, Ida Fauziyah menegaskan bahwa penyaluran BSU tahun 2022 ini berbeda dari tahun 2021 yang disalurkan kepada pekerja atau buruh yang hanya berada di wilayah PPKM level 1.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Sekretariat Kabinet RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X