• Rabu, 28 September 2022

Kunjungi Kota Batu, Komisi IV DPR RI Janji Bantu Selesaikan Masalah Turunnya Produktivitas Apel

- Jumat, 16 September 2022 | 16:53 WIB
Ilustrasi buah apel yang belum dipetik (Pasja1000 via Pixabay.com)
Ilustrasi buah apel yang belum dipetik (Pasja1000 via Pixabay.com)

COVERBOTHSIDE – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini, mengungkapkan bahwa produktivitas apel di Kota Batu, Jawa Timur, sudah sangat berkurang. Mulai dari perubahan bentuk apel hingga tekstur kulitnya.

Kondisi itu pun menurutnya sangat memprihatinkan. Sebab, lanjut Anggia, diketahui bahwa Kota Batu merupakan kota yang dikenal dengan komoditas pertaniannya, salah satunya sebagai penghasil apel.

”Kita hadir di sini untuk memperbaiki masalah yang terjadi. Jangan sampai apel ini punah, karena saat ini kita ketahui apel mengalami penurunan yang luar biasa,” kata dia dalam keterangannya saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI ke lokasi Wisata Petik Apel Mandiri, di Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada Kamis, 15 September 2022.

Baca Juga: Debit Air Turun, Perumdam Among Tirto Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Air Kota Batu

Oleh karena itu, dia mengatakan Komisi IV DPR RI akan berkomitmen melalui tugas konstitusi untuk bersama-sama mengatasi permasalahan produksi komoditas pertanian di Kota Batu yang menurun, khususnya apel.

Komitmen tersebut, kata Anggia, pihaknya akan membantu mulai dari penyediaan sarana untuk pupuk organik, penelitian pengembangan varietas apel, mengatasi permasalahan subsidi pupuk dan restorasi tanah untuk mengembalikan unsur hara.

”Kita (sudah) bertemu dengan para petani, dengan beberapa stakeholder untuk mencari masukan dan aspirasi dari mereka. Kami akan berkomitmen melalui tugas konstitusi untuk bersama-sama mengatasi permasalahan ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Kuliner Kota Batu, Pemkot Batu Gelar Pelatihan bagi Pelaku Usaha Kuliner dan UMKM

Sementara itu, Dul Komar, selaku penyuluh pertanian Kecamatan Bumiaji menyampaikan bahwa produksi apel di Kota Batu memang mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X