• Rabu, 28 September 2022

Ketar Ketir Kebocoran Data, Presiden Jokowi Instruksikan BSSN, Kominfo, Polri dan BIN Atasi Bjorka

- Selasa, 13 September 2022 | 10:44 WIB
Hacker Bjorka menjadi momok menakutkan bagi pemerintah atasa ulah meretas dapat negara. (Sumber foto Twitter @MuhniiArRazzaq) (Adam LI)
Hacker Bjorka menjadi momok menakutkan bagi pemerintah atasa ulah meretas dapat negara. (Sumber foto Twitter @MuhniiArRazzaq) (Adam LI)

COVERBOTHSIDE – Peretasan yang dilakukan oleh hacker atau peretas anonim, Bjorka, kepada sejumlah situs pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga tokoh publik membuat Presiden RI Joko Widodo ketar ketir.

Hal itu setelah Presiden Jokowi menginstruksikan jajaran terkait untuk segera berkoordinasi dan menelaah lebih lanjut terkait dugaan kebocoran data pemerintah, BUMN dan sejumlah tokoh publik yang dilakukan oleh Bjorka.

Instruksi Kepala Negara itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam keterangannya usai mengikuti rapat bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 12 September 2022.

Baca Juga: Viral Nama dan NIK Dicatut Parpol Tanpa Sepengetahuan, Warganet Pertanyakan Keamanan Data Kependudukan

Johnny mengungkapkan bahwa dalam rapat tersebut dibahas terkait data-data milik pemerintah dan sejumlah tokoh publik yang beredar luas, salah satunya yang disebarkan dan diperjualbelikan oleh Bjorka.

Dari hasil telaah sementara, Menkominfo menyampaikan bahwa data-data yang beredar luas tersebut bukanlah data spesifik dan data yang terbaru, melainkan data-data lama.

Meski demikian, dia mengatakan pihaknya telah membentuk tim dari jajaran terkait untuk menelaah secara mendalam dugaan kebocoran data milik pemerintah dan sejumlah tokoh publik tersebut.

Baca Juga: Menkes Resmikan Platform Integrasi Data Layanan Kesehatan Bernama SATUSEHAT

Dia memaparkan, tim tersebut terdiri dari berbagai unsur, seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Sekretariat Kabinet RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X