• Rabu, 28 September 2022

Wapres Ma’ruf Amin Resmi Menetapkan 2.974 Orang Sebagai Komponen Cadangan

- Kamis, 8 September 2022 | 15:50 WIB
Wapres Ma’ruf Amin didampingi Menhan Prabowo Subiakto menginspeksi pasukan dalam Upacara Penetapan 2.974 Komcad Tahun 2022, di Pusdiklatpassus, Batujajar, Jawa Barat, pada Kamis,8 September 2022.  (BPMI Setwapres/CoverBothSide.com)
Wapres Ma’ruf Amin didampingi Menhan Prabowo Subiakto menginspeksi pasukan dalam Upacara Penetapan 2.974 Komcad Tahun 2022, di Pusdiklatpassus, Batujajar, Jawa Barat, pada Kamis,8 September 2022. (BPMI Setwapres/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin resmi menetapkan sebanyak 2.974 orang sebagai Komponen Cadangan (Komcad). Mereka terbagi menjadi lima batalyon yang dilatih di masing-masing matra.

Rinciannya, Matra Darat sebanyak 450 orang dilatih di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) II/Sriwijaya, 500 orang di Rindam VI/Mulawarman, dan 500 orang di Rindam XIV/Hasanuddin.

Kemudian, Matra Laut sebanyak 499 orang dilatih di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Surabaya dan Matra Udara sebanyak 500 orang dilatih di Pusat Pendidikan dan Latihan Komando Pasukan Gerak Cepat (Pusdiklat Kopasgat), Bandung.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Ungkap 2 PR Indonesia untuk Mencapai Target SDGs, Apa Saja?

Sementara, sebanyak 50 orang dilatih di Pusat Pendidikan Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Pusdik Kowad) dan 475 orang Kadet Universitas Pertahanan (Unhan) dilatih di Universitas Pertahanan RI.

Dalam amanatnya, Wapres menyampaikan sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar sebuah negara untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah, serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

Oleh karena itu, lanjut Ma’ruf Amin, dalam meningkatkan sistem keamanan Indonesia bukan hanya tugas yang diemban oleh kalangan militer saja, namun seluruh elemen bangsa, salah satunya Komcad yang berasal dari rakyat.

Baca Juga: HUT ke 77 RI, Wapres Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Semangat Membangun Indonesia Kedepannya

”Saya memandang, Komponen Cadangan merupakan strategi antisipatif agar kita siap menghadapi ancaman dan gangguan terhadap kehidupan bangsa,” ujar Wapres dalam keterangannya saat menjadi inspektur Upacara Penetapan Komcad Tahun 2022, di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Kamis, 8 September 2022.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BPMI Setwapres

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X