• Rabu, 28 September 2022

Mendag Zulkifli Hasan Dorong Pondok Pesantren Cetak Santri Saudagar

- Selasa, 13 September 2022 | 17:12 WIB
Mendag Zulkifli Hasan mengatakan Kemendag akan mendukung penuh upaya pemberdayaan dan pengembangan ekonomi umat melalui pendidikan berwirausaha di pondok pesantren agar dapat mencetak saudagar dari kalangan santri. (Kemendag RI/CoverBothSide.com)
Mendag Zulkifli Hasan mengatakan Kemendag akan mendukung penuh upaya pemberdayaan dan pengembangan ekonomi umat melalui pendidikan berwirausaha di pondok pesantren agar dapat mencetak saudagar dari kalangan santri. (Kemendag RI/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mendorong pondok pesantren di Indonesia mencetak saudagar dengan pemberdayaan dan pengembangan ekonomi umat melalui pendidikan berwirausaha.

Mendag mendorong santri-santri di pondok pesantren tidak hanya belajar ilmu agama, melainkan juga mempelajari ilmu perdagangan. Karena, dia menilai hal itu penting bagi Indonesia yang saat ini bersaing dengan negara-negara lain dalam perdagangan global.

”Selain (mempelajari) ilmu agama, pondok pesantren juga harus mengembangkan teknologi dan ilmu perniagaan,” kata Zulkifli Hasan dalam keterangannya saat menghadiri penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Perdagangan dan Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) di Pandeglang, Banten, pada Minggu, 11 September 2022.

Baca Juga: Mendag Bangga dan Apresiasi Keikutsertaan Klamby dalam London Fashion Week 2022

Mendag menyampaikan, dalam membentuk Sumber Daya Manusia (DM) yang hebat memang diperlukan keseimbangan intelektual, emosional, spiritual, dan kondisi tubuh yang sehat agar menjadi wirausaha yang dapat menguasai pasar dunia.

Oleh karena itu, hal ini menurutnya menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia untuk menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru yang berasal dari generasi muda, khususnya kalangan para santri, yang masih sangat produktif.

”Berdagang juga harus dipelajari (di pondok pesantren). Sehingga, hal itu nantinya diharapkan akan ada ustaz dan ustazah yang juga merangkap sebagai saudagar,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Mendag Target Percepat Digitalisasi 1.000 Pasar Rakyat dan 1 Juta UMKM

Dia mengatakan, untuk mencetak wirausahawan muda tersebut, Kemendag memiliki berbagai fasilitas program pembinaan, pelatihan, dan pendampingan untuk meningkatkan daya saing UKM serta untuk menciptakan UKM ekspor.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Kemendag RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X