BSU 2022 Tahap Pertama Sudah Cair, Anda Sudah Menerima? Ini Persyaratan dan Cara Pengecekannya

- Senin, 12 September 2022 | 18:14 WIB
Kemnaker telah mencairkan BSU Tahun 2022 kepada 4,36 pekera atau buruh. Simak persyaratan dan cara pengecekannya. (Kemnaker/CoverBothSide.com)
Kemnaker telah mencairkan BSU Tahun 2022 kepada 4,36 pekera atau buruh. Simak persyaratan dan cara pengecekannya. (Kemnaker/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) Tahun 2022 tahap pertama kepada 4,36 juta pekerja atau buruh mulai Jumat, 9 September 2022.

Para pekerja atau buruh yang berhak menerima BSU Tahun 2022 tahap pertama ini dapat mencairkannya di Bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mulai Senin, 12 September 2022.

Adapun anggota Bank Himbara antara lain yaitu Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Baca Juga: Segera Cek Rekening! BSU Tahun 2022 Tahap Pertama Sudah Cair, Bisa Diambil Mulai Senin di Bank Himbara

Sebagaimana menurut keterangan Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi bahwa pencairan BSU Tahun 2022 tahap pertama ini akan diberikan kepada pekerja atau buruh yang telah memiliki rekening Bank Himbara.

”Saya mengingatkan, (pencairan BSU Tahun 2022) tahap pertama ini adalah penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara ya,” kata Anwar Sanusi dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Meski demikian, selain di Bank Himbara, Kemnaker juga menyalurkan BSU Tahun 2022 tahap pertama ini ke Bank Syariah Indonesia (BSI). Akan tetapi, untuk penyaluran via Bank BSI ini khusus untuk wilayah Aceh.

Baca Juga: Kapan Penyaluran BSU Tahun 2022? Menaker: Mudah-mudahan Minggu Ini

Selain melalui Bank Himbara dan BSI, Kemnaker juga menyalurkan BSU Tahun 2022 ini melalui PT. Pos Indonesia yang akan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada penerima BSU sebagai dasar pencairan dana BSU.

Sebagaimana diketahui, program BSU Tahun 2022 diberikan satu kali kepada pekerja atu buruh sebesar Rp 600.000 yang memenuhi persyaratan. Adapun persyaratannya yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan s/d Juli 2022
  3. Gaji/upah paling banyak Rp 3,5 juta. Pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh
  4. Bukan PNS, TNI dan Polri
  5. Belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan dan bantuan produktif untuk usaha mikro

Baca Juga: Kapan Penyaluran BSU Tahun 2022? Ini Kata Menaker Ida Fauziyah

Sementara itu, untuk mengecek apakah seorang pekerja atau buruh tersebut berhak menerima BSU Tahun 2022, berikut ini caranya:

  1. Kunjungi website kemnaker.go.id
  2. Daftar Akun
    Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
  3. Masuk
    Login kedalam akun Anda.
  4. Lengkapi Profil
    Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.
  5. Cek Notifikasi
    Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti gambar berikut.

Untuk diketahui pula, apabila dikemudian hari ditemukan bahwa penerima BSU Tahun 2022 ternyata tidak memenuhi persyaratan, maka yang bersangkutan wajib mengembalikan dana BSU yang diterima ke Kas Negara. Hal itu sesuai dengan Permenaker Nomor 10 Tahun 2022.***

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Kemnaker

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X