• Rabu, 28 September 2022

Indonesia dan Singapura Umumkan Kerja Sama Pembayaran Berbasis QR Code Lintas Negara

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 10:24 WIB
Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore umumkan kerja sama dimulainya pembayaran berbasis QR code lintas negara pada Senin, 29 Agustus 2022. (Bank Indonesia/Cover Both Side)
Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore umumkan kerja sama dimulainya pembayaran berbasis QR code lintas negara pada Senin, 29 Agustus 2022. (Bank Indonesia/Cover Both Side)

COVERBOTHSIDE – Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) mengumumkan dimulainya inisiasi kerja sama pembayaran berbasis quick respon (QR) code lintas negara atau cross-border QR payment linkage pada Senin, 29 Agustus 2022.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyampaikan kerja sama antara Indonesia dan Singapura ini merupakan sebagai bagian dari upaya mendorong konektivitas pembayaran di kawasan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

”Kerja sama ini ditargetkan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2023,” kata dia dalam keterangannya saat peresmian peluncuran Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Gedung Thamrin, Bank Indonesia (BI), Jakarta.

Baca Juga: Setelah Thailand, Gubernur BI Sebut QRIS Antarnegara akan Tersambung dengan 3 Negara ASEAN

Dia berharap adanya kerja sama kedua negara ini dapat memfasilitasi pengguna dalam melakukan pembayaran ritel secara instan, aman, dan efisien dengan memindai kode QRIS atau NETS QR code di setiap merchant.

”Konektivitas pembayaran antara Indonesia dan Singapura akan memberdayakan individu dan bisnis, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk melakukan perdagangan lintas negara, e-commerce, dan transaksi keuangan lainnya secara efisien,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Perry, kerja sama ini juga akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, seiring dengan kembali aktifnya arus perjalanan internasional pascapandemi Covid-19.

Baca Juga: Terobosan Baru, Indonesia dan Thailand Resmikan Kerja Sama Pembayaran QR Code Lintas Negara

”Arus kunjungan (pariwisata) antar kedua negara tercatat 1,9 juta pengunjung dari Singapura ke Indonesia dan 3,1 juta pengunjung dari Indonesia ke Singapura,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Bank Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X