• Rabu, 28 September 2022

Setelah Thailand, Gubernur BI Sebut QRIS Antarnegara akan Tersambung dengan 3 Negara ASEAN

- Senin, 29 Agustus 2022 | 19:49 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo saat menyampaikan keterangannya dalam kegiatan peluncuran Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik dan QRIS Antarnegara di Gedung Thamrin, BI, Jakarta, pada Senin, 29 Agustus 2022. (Bank Indoesia/Cover Both Side)
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo saat menyampaikan keterangannya dalam kegiatan peluncuran Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik dan QRIS Antarnegara di Gedung Thamrin, BI, Jakarta, pada Senin, 29 Agustus 2022. (Bank Indoesia/Cover Both Side)

COVERBOTHSIDE – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyebutkan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Antarnegara yang telah diresmikan Presiden RI Joko Widodod (Jokowi) secara bertahap akan tersambung dengan sejumlah negara di dunia.

Untuk tahap awal, Perry mengungkapkan sistem pembayaran QRIS Antarnegara akan tersambung dengan empat negara ASEAN. Saat ini, kata dia, negara yang telah menjalin kerja sama dengan Indonesia dan melakukan uji coba adalah Thailand.

Dia mengatakan uji coba pembayaran lintas negara dengan negeri gajah putih tersebut telah dilakukan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Selanjutnya, untuk implementasi secara penuh dimulai pada Senin, 29 Agustus 2022.

Baca Juga: Terobosan Baru, Indonesia dan Thailand Resmikan Kerja Sama Pembayaran QR Code Lintas Negara

”Kerjasama ini (sistem pembayaran QRIS Antarnegara) untuk mendorong digitalisasi pembayaran dan pembayaran lintas negara,” ujar Perry dalam keterangannya saat peluncuran Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik dan QRIS Antarnegara di Gedung Thamrin, Bank Indonesia (BI), Jakarta.

Selain kerja sama dengan Thailand, Gubernur BI mengungkapkan kerja sama sistem pembayaran QRIS Antarnegara juga akan disusul tiga negara ASEAN lainnya, yaitu Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Hal itu menurutnya berdasarkan hasil pertemuan lima gubernur bank sentral, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina, pada Mei 2022. Dia menyebutkan kelima negara tersebut berkomitmen untuk menyambungkan sistem pembayaran berbasis QR Code ini dengan Indonesia.

Baca Juga: Resmi Diluncurkan Presiden Jokowi, Apa Itu Kartu Kredit Pemerintah Domestik?

”Dalam waktu dekat, di lima negara, kita bisa melakukan digitalisasi sistem pembayaran cross border QR, fast payment dengan pembayaran mata uang lokal yang sekaligus mendukung pariwisata, mendukung UMKM, dan juga mendukung ekonomi keuangan digital secara nasional,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: Sekretariat Kabinet RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X