• Jumat, 9 Desember 2022

CEK FAKTA: Benarkah akan Terjadi Pergeseran Lempengan Tanah di Waduk Cirata, Purwakarta? Ini Faktanya

- Rabu, 23 November 2022 | 12:38 WIB
BMKG menegaskan bahwa rekaman suara yang beredar dan menyatakan akan terjadi pergeseran lempengan tanah di Waduk Cirata, Purwakarta adalah tidak benar atau hoax. (BMKG/CoverBothSide.com)
BMKG menegaskan bahwa rekaman suara yang beredar dan menyatakan akan terjadi pergeseran lempengan tanah di Waduk Cirata, Purwakarta adalah tidak benar atau hoax. (BMKG/CoverBothSide.com)

COVERBOTHSIDE - Sebuah rekaman suara atau voice note yang menyatakan bahwa akan ada pergeseran lempengan tanah di Waduk Cirata, Purwakarta beredar di grup-grup WhatsApp.

Dalam rekaman yang beredar disebutkan jika BMKG memberikan informasi bahwa akan ada pergeseran lempengan tanah di Waduk Cirata, Purwakarta dan seluruh personil diminta siap siaga mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

"Berita dari BMKG. Barusan, memberikan keterangan dan penjelasan bahwa pergeseran lempeng mengarah ke Waduk Cirata di Purwakarta, Bang Saigon. Jadi, diharapkan bapak personil jangan semuanya masuk ke Cianjur. Kita harus siap siaga, karena malam ini katanya, terjadi pergeseran lempengan tanah yang ada di Waduk Cirata dan entah seperti apa dampaknya nanti mudah-mudahan Wallahualam Bissawab, mudah-mudahan tidak berdampak apa-apa, yang penting kita tetap siaga dengan personil yang ada Bang Saigon," demikian keterangan dalam rekaman suara tersebut. 

Beredarnya rekaman suara itu pun membuat masyarakat, khususnya di Purwakarta, Cianjur dan sekitarnya, panik. Sebab, masyarakat masih trauma dengan peristiwa gempa magnitudo 5,6 SR yang mengguncang Cianjur pada Senin, 21 November 2022. 

*****

Benarkah informasi dari rekaman suara tersebut yang menyatakan bahwa akan ada pergeseran lempengan tanah di Waduk Cirata, Purwakarta? Berikut ini faktanya. 

*****

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta CoverBothSide.com, informasi terkait akan adanya pergeseran lempengan tanah di Waduk Cirata, Purwakarta tersebut merupakan informasi yang tidak benar atau hoax

Hal itu ditegaskan BMKG dari keterangan resminya bahwa rekaman suara yang beredar di grup-grup WhatsApp dan menyatakan akan ada pergeseran lempengan tanah di Waduk Cirata, Purwakarta adalah tidak benar atau hoax.

Halaman:

Editor: Moh Badar Risqullah

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X